Text
Perancangan infografis mengenai tren thrifting di kalangan generasi alpha di Jakarta
Seiring dengan perkembangan zaman pakaian telah diproduksi dan dipasarkan secara massal. Merck pakaian bersaing untuk menampilkan tren-tren pakaian terbaru untuk memenuhi permintaan pasar. Strategi bisnis ini disebut fast fashion. Fast fashion berfokus pada kccepatan dan biaya produksi rendah untuk meluncurkan banyak kolcksi baru bergantuk pada musim. Karakter dari fast fashion in memiliki umur simpan yang pendek dan tren yang cepat berubah, sehingga pembeli cenderung membeli barang baru lagi dalam jangka waktu yang pendek. Tren thrifting di Jakarta cukup terbilang baru, sekitar tahun 2017 tren ini meledak di Jakarta, namun pada sejarahnya budaya berburu barang bekas tersebut sudah ada di Jakarta pada tahun 1990 an dengan penyebutan lain yang lebih condong ke tujuan awal thrifting, yaitu menghemat serta menggunakan uang dan barang dengan baik dan efisien. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, literatur dan studi banding penulis menemukan beberapa informasi yang berkaitan dengan pengaruh thrifting untuk Generasi Alpha Khususnya di Jakarta. Ketika penulis baru sampai di tempt observasi yang mana tempat tersebut merupakan salah satu pusat perbelanjaan barang bekas terbesar khususnya pakaian di Jakarta tau lebih dikenal dengan nama Pasar Seen, penulis melihat perkembangan yang terjadi pada aktifitas thrifting dengan mendapati beberapa pelajar pada bangku SMA yang berbelanja bersama beberapa kerabatnya. Perancangan infografis dengan mengulas tren thrifting di kalangan generasi Alpha di Jakarta diharapkan banyak generasi-generasi selanjutnya yang mulai tertarik untuk melestarikan budaya thrifting yang sejak awal dikenal sebagai budaya berpakaian yang kurang memperhatikan berbagai aspek di dalamnya menjadi sebuah peluang untuk satu pergerakan dalam mengupayakan pengurangan limbah sampah pakaian bekas. Pemilihan media cetak ilustrasi dikarenakan media tersebut cukup memumpuni untuk berbagai kalangan termasuk generasi Alpha dalam menerima informasi melalui infografis yang dapat dikatakan memiliki desain yang cukup menarik untuk diulas dan dibaca agar lebih mudah menerima informasi tentang thrifting itu sendiri.
DKV23/031 | DKV 23/031 | Prodi Desain Komunikasi Visual (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain