Text
Implementasi metode design thinking dalam perancangan desain website produk Ocula : studi kasus PT. Jedi Global Teknologi
Besarnya potensi pasar pada bisnis digital menjadikan banyak perusahaan mulai melakukan digitalisasi bisnis dengan memanfaatkan internet. Upaya pengoptimalan digitalisasi memerlukan pemantauan jaringan profesional dan pengawasan infrastruktur melalui jarak jauh untuk tetap menjaga efisiensi dari jalannya suatu bisnis. Hal ini yang melatarbelakangi PT. Jedi Global Teknologi meluncurkan Ocula pada akhir Januari 2023 sebagai produk pemantauan jaringan secara realtime. Peluncuran produk baru membutuhkan digital Marketing untuk mampu mengenalkan produk, meningkatkan reputasi dan mendapatkan kepercayaan dari khalayak luar. Ocula memanfaatkan website sebagai media digital Marketing namun website tersebut belum dirancang sesuai kenyamanan dan kebutuhan pengguna sehingga menyebabkan adanya kesulitan dalam penyebaran informasi. Salah satu hal yang menunjang keberhasilan untuk mencapai kenyamanan dan pengalaman pengguna yakni melalui perancangan desain UI/UX dengan metode design thinking mulai dari tahap empathize, define, ideate, prototype hingga testing untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna. Dengan memanfaatkan metode design thinking dihasilkan sebuah rancangan desain website dengan nilai usability sebesar 95% yang didukung oleh komentar dari pengguna pada qualitative usability testing bahwa desain baru memiliki tingkat kenyamanan lebih baik dibandingkan desain sebelumnya. Disamping itu, melalui comparative usability testing didapatkan hasil dari kedua penilaian tersebut terbukti akurat dimana desain baru memiliki peningkatan sebesar 191.95% dari desain sebelumnya.
SI23/026 | SI 23/026 | Prodi Sistem Informasi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain