Text
Psikologi pendidikan, jilid 1, edisi 6 : membantu siswa tumbuh dan berkembang
Dewasa ini, penguasaan keterampilan mengajar yang efcktif tidak saja dilihat dari seberapa baik ia mengenal siswa-siswanya dan lantas mendorong secara optimal seberapa kompeten seseorang menguasai bidang yang diampunya, tetapi juga dari seberapa baik ia mengenal siswa-siswanya dan lantas mendorong secara optimal perkembangan berbagai bakat dan potensi masing-masing siswa secara optimal dalam suasana kelas yang kondusif. Dengan kata lain, proses mengajar yang efektif tidak cukup diukur dari seberapa mampu seorang guru mempresentasikan suatu topik atau mendemonstrasikan suatu keterampilan sedemikian rupa sehingga para siswa dapat memahami dan menguasainya, melainkan, para guru harus mampu meraih perhatian siswa, memotivasi siswa sehingga siswa bersemangat dan antusias mempelajari materi yang diberikan, dan mentransformasi hubungan-hubungan interpersonal sedemikian rupa sehingga menjadi suatu komunitas pembelajaran yang kohesif, produktif, dan saling menghargai. Selain itu, proses mengajar yang eiektif melibatkan kemampuan menentukan "posisi" siswa terkait level pembelajaran dan perkembangannya-apa saja yang telah diketahui (atau yang belum diketahui) siswa, apa saja yang dapat dilakukan (dan yang tidak dapat dilakukan) siswa, keterampilan kognitif dan sosial yang telah dimiliki (dan yang belum dimiliki) siswa, dan seterusnya. Dengan demikian, proses mengajar perlu melibatkan pemahaman terhadap keberagaman latar belakang para siswa, agama, kondisi keluarga, dan juga kekurangan fisik, kognitif, atau perilaku yang dimilikı para siswa. Ringkasnya, keterampilan mengajar juga memerlukan pengetahuan mengenai proses pembelajaran pada manusia, motivasi, tren perkembangan, perbedaan individual dan perbedaan kelompok, dan praktik-praktik pemberian instruksi dan asesmen yang efektif. Topik- berada dalam ranah psikologi pendidikan (educational psychologv).
Buku ini akan membantu Anda memahami anak-anak dan remaja-bagaimana mereka belajar dan berkembang, apa sajakah persamaan dan perbedaan antarindividu, dan jenis-jenis topik atau aktivitas yang paling berpotensi menumbuhkan semangat dan antusiasme siswa di kelas. Buku ini juga akan memberikan Anda suatu perangkat strategi yang berguna alam proses merencanakan dan menerapkan pengajaran dalam membentuk suatu lingkungan yang membantu para siswa tetap termotivasi mengerjakan tugas, dan dalam penilaian (asesmen) najuan dan prestasi belajar para siswa. Dalam Jilid 1 ini disajikan beberapa topik berikut:
• Psikologi Pendidikan dan Pembuatan Keputusan oleh Guru
• Perkembangan Kognitif dan Bahasa
• Perkembangan Pribadi dan Sosial
• Perbedaan Kelompok
• Perbedaan Individual dan Kebutuhan Pendidikan Khusus
• Pembelajaran dan Proses-proses kognitif
•Konstruksi Pengetahuan
• Proses-proses Kognitif Tingkat Tinggi
•Pandangan Behavioris tentang Belajar
B00017 | 370.15 ORM p | Prodi PGSD (Ruang Koleksi Umum) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain