Text
Pengembangan media video animasi pembelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media video animasi, kelayakan media video animasi, dan keefektifan media video animasi . Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Dick and Carey, yang dilaksanakan di SDN Kembangan Selatan 04. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran video animasi dari hasil validasi pakar Materi sebesar 98%, validasi pakar Bahasa 90%, dan validasi pakar desain 88%. Subjek penelitian meliputi Ahli Pakar Bahasa, Ahli Pakar Desain, Ahli Pakar Materi, Guru, dan Peserta didik. Penggunaan media pembelajaran video animasi terbukti efektif dalam pembelajaran matematika dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Kembangan Selatan 04. Hasil uji coba produk menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 93,3% pada tahap uji coba skala kecil menjadi 99,3% pada tahap uji coba skala besar.
PGSD24/007 | PGSD 24/007 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain