Text
Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar kelas III Sekolah Dasar Negeri Dukuh 04 Pagi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III dengan materi Pengukuran Satuan Panjang, untuk meningkatkan kelayakan buku cerita bergambar, dan untuk meningkatkan efekktifitas pembelajaran dalam menggunakan buku cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SDN Dukuh 04 Pagi. Hasil penelitian menunjukan kelayakan untuk kualitas bahan ajar berbasis buku cerita bergambar dari Hasil validasi Pakar Materi sebesar 96%, hasil validasi pakar Bahasa 94% dan hasil validasi pakar Media 80%. Subjek dalam penelitian ini ada 5 yaitu Ahli Pakar Bahasa, Ahli Pakar Media, Ahli Pakar Materi, Guru, dan Peserta didik. Pengunaan buku cerita bergambar untuk pembelajaran matematika terbukti efektif saat digunakan dalam pembelajaran dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A SDN Dukuh 04 Pagi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil latihan soal peneliti berikan saat uji coba produk melalui dua tahap. Pada tahap pertama uji coba produk skala kecil terhadap 3 peserta didik mendapatkan rata-rata 90,66%, dan uji coba skala besar terhadap 31 peserta didik mendapatkan rata-rata 93%. Dalam penggunaan media pembelajaran buku cerita bergambar terdapat peningkatan rata-rata sebesar 85,81% siswa memenuhi KKM yang sebelum menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar dengan rata-rata 62,70%. Maka dari itu menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,06%.
PGSD24/001 | PGSD 24/001 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain