Text
Analisis faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang sayur pada pasar mutiara gading timur mustika jaya Bekasi
Pasar merupakan dimana tempat melengkapi kebutuhan masyarakat dan perniagaan masyarakat, pasar juga memiliki peran untuk menjaga ke stabilan harga ini dikarenakan pasar merupakan sebagai tolak ukur penilaian inflasi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor pengaruh penjualan pada pendapatan pedagang sayuran di Pasar Mutiara Gading Timur dan mengetahui pendapatan pedagang sayuran serta memahami kendala apa saja yang di alami para pedagang. Penelitian ini dilakukan di Pasar Mutiara Gading Timur Mustika Jaya Bekasi, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan penelitian ini dilakukan pada bulan Febuari 2022 - Januari 2023 terdiri dari 15 responden yakni pedagang sayuaran yang memiliki tempat atau lapak menetap dan menggunakan analisis deskriptif. Besarnya biaya operasional yang di belanjakan dan keuntungan yang di terima responden di analisis dengan menggunakan rumus biaya dan keuntungan, hasil penelitian di peroleh bahwa rata-rata penerimaan pedagang dengan kisaran total Rp 11.000.000,- hingga Rp.18.000.000 dan biaya yang di keluarkan Rp 9.000.000,- hingga Rp 14.000.000,- dengan biaya modal dari kisaran Rp 3.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-. Besaran modal yang dimiliki oleh para
pedagang ini berbeda-beda dikarenakan beberapa pedagang memiliki karyawan yang harus di biaya per bulannya serta adanya biaya tidak tetap yaitu upah buruh yang terkadang pedagang membutuhkan jasa seperti mengangkut barang, hal ini juga memengaruhi pendapatan dan penerimaan bersihnya para pedagang dan lamanya jam berjualan pedagang juga memengaruhi hasil pendapatan pedagang. Pendidikan pedagang memengaruhi terhadap pendapatan pedagang karena fenomena pada umumnya beberapa pedagang belum memahami pembayaran digital,
beberapa pedagang hanya menerima pembayaran tunai sedangkan di era sekarang konsumen atau pembeli ada yang ingin melakukan pembayaran dengan metode transfer uang (transaksi digital) namun dikarenakan kemampuan pedagang tidak memahami hal tersebut keputusan pembelian juga memengaruhi pendapatan pedagang dan dengan pengalaman serta jiwa sosial yang dimiliki pedagang memperoleh minat bagi para pembelinya.
AGR24/001 | AGR 24/001 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain