Text
Pengaruh manajemen koleksi perpustakaan (aplikasi INILS) dan kualitas layanan pustakawan terhadap loyalitas pemustaka dengan pemediasi kepuasana pemustaka di perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Perpustakaan Nasional memiliki peran sentral dalam mengelola dan mengembangkan aktivitas perpustakaan di tingkat nasional. Kunjungan pemustaka ke perpustakaan memperkaya pengalaman pembelajaran, membangun budaya literasi, dan membuka pintu eksplorasi pengetahuan yang luas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 119 reponden anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah menjadi anggota selama 6 (enam) bulan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 23 untuk Windows digunakan untuk menganalisis data.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Manajemen Koleksi Perpustakaan (Aplikasi INLIS) dan Kepuasan Pemustaka, Kualitas Layanan Pustakawan dan Kepuasan Pemustaka, serta Kepuasan Pemustaka dan Loyalitas Pemustaka. Secara khusus, Manajemen Koleksi Perpustakaan (Aplikasi INLIS) dan Kualitas Layanan Pustakawan memiliki hubungan yang signifikan dengan Loyalitas Pemustaka. Selain itu, Kepuasan Pemustaka berperan sebagai mediator yang signifikan antara Manajemen Koleksi Perpustakaan (Aplikasi INLIS) dan Loyalitas Pemustaka, serta antara Kualitas Layanan Pustakawan dan Loyalitas Pemustaka.
Dengan demikian, penelitian ini mengonfirmasi peran vital Perpustakaan Nasional dalam membentuk budaya literasi dan pengalaman pembelajaran yang kaya bagi pemustaka. Hasil analisis menyatakan bahwa Manajemen Koleksi Perpustakaan (Aplikasi INLIS) dan Kualitas Layanan Pustakawan memiliki dampak yang signifikan terhadap Loyalitas Pemustaka, sementara Kepuasan Pemustaka berfungsi sebagai mediator yang memperkuat keterkaitan ini. Implikasinya, peningkatan dalam manajemen koleksi dan kualitas layanan perpustakaan dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan, akibatnya, meningkatkan loyalitas pemustaka. Temuan ini memberikan landasan bagi Perpustakaan Nasional untuk meningkatkan strategi pengelolaan koleksi dan pelayanan pustakawan guna memperkuat hubungan dengan pemustaka dan mendukung tujuan nasional dalam mengembangkan literasi dan pengetahuan di seluruh lapisan masyarakat.
TES24/007 | TES 24/007 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain