Text
Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai dengan variabel mediasi kepuasan kerja di sekretariat utama perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Perpustakaan, sebagai pusat informasi, memainkan peran sentral dalam memberikan akses kepada pemustaka terhadap berbagai koleksi. Dengan undang-undang dan regulasi yang kuat, Perpustakaan Nasional memegang tanggung jawab luas dalam pengembangan, pembinaan, dan koordinasi perpustakaan di seluruh Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 125 responden pegawai Unit Sekretariat Utama Perpustakaan Nasional. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 23 untuk Windows digunakan untuk menganalisis data.
Penelitian ini memberikan temuan yang penting terkait hubungan antara variabel Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Kinerja. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja, serta Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja, mengindikasikan bahwa faktor-faktor ini saling terkait dalam konteks penelitian. Selain itu, temuan menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara Kepuasan Kerja dan Kinerja, mendukung asumsi bahwa kepuasan kerja dapat mempengaruhi kinerja pegawai. Namun, tidak terdapat hubungan signifikan antara Gaya Kepemimpinan dan Kinerja, menyoroti kompleksitas faktor-faktor yang memengaruhi kinerja. Selanjutnya, Motivasi Kerja memperlihatkan hubungan signifikan dengan Kinerja, menandakan peran penting motivasi dalam meningkatkan kinerja. Kepuasan Kerja juga berfungsi sebagai mediator yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan dan Kinerja, serta Motivasi Kerja dan Kinerja, memberikan wawasan lebih lanjut tentang mekanisme pengaruh antarvariabel dalam konteks organisasi.
Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman faktor-faktor yang dapat memengaruhi produktivitas dan semangat kerja di lingkungan perpustakaan. Dengan memahami dinamika ini, Perpustakaan Nasional dapat merancang strategi yang lebih terfokus untuk meningkatkan kualitas layanan, memotivasi pegawai, dan menciptakan lingkungan kerja yang membangun kepuasan. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk perbaikan kebijakan dan praktik manajemen di Perpustakaan Nasional guna mencapai tujuan nasional dalam pengembangan literasi dan akses informasi di Indonesia.
TES24/020 | TES 24/020 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain