Text
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas dan retensi pelanggan pada PT. Wartsila Indonesia
Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan energi masa depan, pemanfaatan sumber energi terbarukan dan peningkatan efisiensi energi menjadi sangat penting. PT. Wärtsilä Indonesia memegang peran krusial dalam konteks ini dengan menyediakan solusi inovatif dan teknologi ramah lingkungan, salah satunya melalui layanan pengawasan jarak jauh yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan perwakilan perusahaan pengguna layanan pengawasan jarak jauh PT. Wärtsilä Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) melalui perangkat lunak SPSS versi 23 untuk Windows.
Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa kualitas pelayanan di layanan pengawasan jarak jauh PT. Wärtsilä Indonesia secara signifikan memengaruhi kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan retensi pelanggan. Kepuasan pelanggan juga terbukti menjadi penghubung yang kuat antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan serta antara kepuasan pelayanan dan retensi pelanggan. Temuan ini menegaskan pentingnya fokus pada peningkatan kualitas layanan untuk membangun loyalitas pelanggan dan mempertahankan retensi pelanggan. Implikasinya, PT. Wärtsilä Indonesia dapat memperkuat strategi pelayanannya guna memberikan dampak positif pada hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks keberlanjutan energi dan manajemen layanan. PT. Wärtsilä Indonesia, sebagai pemain kunci dalam industri ini, tidak hanya menghadirkan solusi inovatif berupa layanan pengawasan jarak jauh untuk meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga membuktikan bahwa kualitas pelayanan mereka berperan krusial dalam membentuk kepuasan, loyalitas, dan retensi pelanggan. Hasil penelitian ini memperkuat urgensi peningkatan kualitas layanan sebagai strategi untuk membangun hubungan jangka panjang yang kokoh dengan pelanggan. Implikasinya, PT. Wärtsilä Indonesia dapat terus memperbaiki dan memperkuat strategi pelayanannya untuk memberikan dampak positif pada masa depan industri energi yang berkelanjutan.
TES24/031 | TES 24/031 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain