Text
Strategi pemasaran dengan model flywheel marketing dan penerapannya pada kanvas model bisnis: studi kasus nasi kebuli dasuki
Penelitian ini mengenai strategi pemasaran pada UMKM Nasi Kebuli Dasuki, Kebuli Dasuki merupakan sebuah bisnis catering yang bergerak di bidang kuliner dengan cara menerima pesanan. Salah satu kegiatannya adalah menawarkan produk-produk Nasi Kebuli dengan melakukan pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah (i) menentukan strategi alternatif melalui strategi pemasaran Flywheel Marketing, dan (ii) menganalisis dan merancang Business Model Canvas bagi pengembangan Nasi Kebuli Dasuki. Metode analisis yang digunakan adalah analisis IFAS dan EFAS, SWOT, strategi pemasaran Flywheel Marketing dan Business Model Canvas. Hasil analisis matriks IFAS memperoleh total skor 3.19 dan EFAS memperoleh total skor 3.06. Hasil in mengandung arti bahwa perusahaan sedang tumbuh dan membangun. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil dari analisis SWOT menggunakan perspektif flywheel marketing menghasilkan sembilan alternatif strategi, yaitu: 1) Memperluas jangkauan pasar, 2) Meningkatkan kualitas produk, 3) Membuat merek yang unik, 4) Menjalin komunikasi dengan para konsumen, 5) Meningkatkan konten di media sosial, 6) Memberikan informasi terbaru, 7) Memberikan para konsumen komunikasi yang personalisasi dan responsif, 8) Mempertahankan kualitas produk dan pelayanan, 9)
Memberikan kepuasan kepada para konsumen. Strategi alternatif bisnis melalui matriks SWOT yang dimasukan ke dalam strategi pemasaran Flywheel Marketing dan diterapkan ke dalam Business Model Canvas dapat digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan yang ada di pasar.
AGR24/004 | AGR 24/004 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain