Text
Perancangan game mitos gunung lawu bertipe roguelite dengan metode GDLC
Game atau yang biasa disebut gim merupakan sebuah aktivitas hiburan yang sering dilakukan oleh orang-orang dengan berbagai tujuan. Game biasanya tidak hanya berpaks sebagai hiburan, tetapi juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk ataupun untuk mengenalkan akan sesuatu. Gunung Lawu merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Jawa dan memiliki ketinggian sekitar 3265 mdpl Gunung Lawu sendiri memiliki berbagai macam mitologi, mitos, kebudayaan, dan satwa Jangka yang hidup di sekitar gunung tersebut. Banyak sekali orang-orang yang tidak tahu tentang bahayanya suatu tempat, atau bahkan mitos dari tempat tersebut, maupun kebudayaan yang ada pada tempat itu, yang membuat orang-orang kadang lalai, dan mencelakai diri mereka sendiri. Salah satu dari banyaknya tempat tersebut merupakan Gunung Lawu, dimana kadang orang nekat untuk mendaki gunung tersebut tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penelitian ini akhirnya dilakukan. Penelitian ini nantinya akan menghasilnya sebuah game bergenre roguelite yang dapat memperkenalkan tentang mitos ataupun pantangan yang terdapat pada Gunung Lawu kepada masyarakat. Penelitian ini akan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan menggunakan Unity Engine sebagai engine pembuatan game-nya sendiri. Metode GDLC merupakan metode yang bergerak pada pengembangan game dari awal hingga selesai. Dimana dimulai dari tahap pembuatan ide dan konsep game, hingga tahap akhir saat game release. Penelitian ini menghasilkan rata- rata score sebesar 94% untuk validasi pengguna game pada pengisian kuisioner para pemain, dan menghasilkan score 91% untuk konten dan cerita di dalam game Mitos Gunung Lawu sendiri. Maka dari itu dapat disimpulkan game ini diterima baik oleh masyarakat dari hasil yang diberikan.
TI24/016 | TI 24/016 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain