Text
Penerapan augmented reality dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia pada pembelajaran biologi menggunakan metode marker-based tracking di SMA Mardi Yuana
Pembelajaran Biologi merupakan bagian penting dalam pendidikan yang memungkinkan siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang organisme hidup. Salah satu topik yang kompleks dalam pelajaran Biologi adalah sistem pencernaan manusia. Pembelajaran di SMA Mardi Yuana menggunakan buku lembar kerja siswa (LKS) karena harganya yang relatif murah dan materi yang ditawarkan juga mudah dicerna oleh siswa. Sayangnya karena harganya yang murah, kualitas kertas yang dihasilkan tidak akan sebagus buku-buku lainnya menyebabkan beberapa gambar pada buku Biologi menjadi buram atau tidak terlihat sama sekali. Dampak dari keburaman dalam buku LKS dapat merugikan proses pembelajaran siswa. Siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep penting, melakukan latihan yang sesuai, atau mengorganisir informasi dengan baik. Hal ini dapat menghambat kemampuan siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka teknologi augmented reality (AR) menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan AR dengan menggunakan metode marker-based tracking dalam pembelajaran sistem pencernaan pada mata pelajaran Biologi agar dapat memunculkan gambar dari sistem pencernaan yang buram maupun tidak terlihat di LKS. Metode marker-based tracking digunakan karena siswa dapat lebih fokus terhadap pelajaran. Objek yang akan dimunculkan pada AR ini adalah sistem pencernaan pada manusia seperti mulut, hati, dan lambung. Penelitian ini menghasilkan 91,67% siswa-siswi lebih paham terhadap pelajaran biologi menggunakan bantuan AR daripada tanpa bantuan AR dan juga 86,11% siswa-siswi bisa lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran biologi dengan bantuan AR.
TI24/044 | TI 24/044 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain