PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan augmented reality dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia pada pembelajaran biologi menggunakan metode marker-based tracking di SMA Mardi Yuana

Text

Penerapan augmented reality dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia pada pembelajaran biologi menggunakan metode marker-based tracking di SMA Mardi Yuana

Farrell Marston - Nama Orang - Pengarang Utama; Silvester Dian Handy Permana - Nama Orang - Pembimbing; Budi Arifitama - Nama Orang - Pembimbing;

Pembelajaran Biologi merupakan bagian penting dalam pendidikan yang memungkinkan siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan tentang organisme hidup. Salah satu topik yang kompleks dalam pelajaran Biologi adalah sistem pencernaan manusia. Pembelajaran di SMA Mardi Yuana menggunakan buku lembar kerja siswa (LKS) karena harganya yang relatif murah dan materi yang ditawarkan juga mudah dicerna oleh siswa. Sayangnya karena harganya yang murah, kualitas kertas yang dihasilkan tidak akan sebagus buku-buku lainnya menyebabkan beberapa gambar pada buku Biologi menjadi buram atau tidak terlihat sama sekali. Dampak dari keburaman dalam buku LKS dapat merugikan proses pembelajaran siswa. Siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep penting, melakukan latihan yang sesuai, atau mengorganisir informasi dengan baik. Hal ini dapat menghambat kemampuan siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka teknologi augmented reality (AR) menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan AR dengan menggunakan metode marker-based tracking dalam pembelajaran sistem pencernaan pada mata pelajaran Biologi agar dapat memunculkan gambar dari sistem pencernaan yang buram maupun tidak terlihat di LKS. Metode marker-based tracking digunakan karena siswa dapat lebih fokus terhadap pelajaran. Objek yang akan dimunculkan pada AR ini adalah sistem pencernaan pada manusia seperti mulut, hati, dan lambung. Penelitian ini menghasilkan 91,67% siswa-siswi lebih paham terhadap pelajaran biologi menggunakan bantuan AR daripada tanpa bantuan AR dan juga 86,11% siswa-siswi bisa lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran biologi dengan bantuan AR.


Ketersediaan
TI24/044TI 24/044Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TI 24/044
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Information technology
Trilogi University--Information technology
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Farrell Marston
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik