Text
Implementasi augmented reality pengenalan makanan bergizi pada anak SD menggunakan metode marker-based tracking
Praremaja adalah masa perkembangan manusia yang dimulai setelah masa anak usia dini dan sebelum masa remaja. Biasanya berakhir dengan awal pubertas, tetapi juga dapat disebut sebagai diakhiri dengan awal tahun-tahun remajanya. Kualitas sumber daya manusia saat mereka mencapai usia produktif akan dipengaruhi oleh bagaimana mereka dibentuk sejak masa sekolah. Maka, sangat penting untuk memastikan bahwa anak sekolah mengonsumsi makanan yang aman dengan gizi seimbang. Anak-anak tidak hanya makan di rumah, tetapi juga membeli jajan di luar maupun di dalam sekolah. Oleh karena itu, jajanan anak harus mendapat perhatian khusus karena ikut memengaruhi asupan makanan mereka agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, mereka memerlukan makanan yang bergizi, yang terdiri dari karbohidrat, mineral, protein, vitamin, dan lemak. Penelitian ini menggunakan metode marker-based tracking ialah salah satu teknik dalam pengembangan augmented reality (AR) yang digunakan, karena penggunaan marker pada aplikasi ini cocok diimplementasikan sebagai aspek pembelajaran yang cenderung cepat dalam hal pembacaan pada proses munculnya objek 3D. Dalam metode ini memanfaatkan tanda (marker) berupa metode pelacakan menggunakan marker atau gambar yang sudah diprogram untuk memberikan informasi tambahan pada objek nyata yang dilihat. Prinsip kerja dari metode ini adalah dengan mendeteksi dan melacak tanda (marker) yang sudah ditentukan, lalu menempatkan objek virtual pada posisi dan orientasi yang tepat di atas marker tersebut. Berdasarkan hasil pengujian, pada jarak 10-20 cm dan 20-30 cm, proses tracking berjalan dengan baik. Dengan demikian, objek 3D dapat ditampilkan secara keseluruhan dengan posisi dan kestabilan yang sesuai, sehingga siswa dapat mengamati dan mempelajari bagian tersebut dengan mudah. Hasil penelitian ini adalah aplikasi "NutriPal" yang memanfaatkan teknologi augmented reality dengan metode marker-based tracking. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena memudahkan dalam memperkenalkan makanan sehat dengan gizi seimbang kepada siswa/i kelas 4A serta meningkatkan daya tarik anak-anak terhadap makanan sehat.
TI24/050 | TI 24/050 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain