PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi augmented reality pengenalan makanan bergizi pada anak SD menggunakan metode marker-based tracking

Text

Implementasi augmented reality pengenalan makanan bergizi pada anak SD menggunakan metode marker-based tracking

Putri Nugrahayati - Nama Orang - Pengarang Utama; Silvester Dian Handy Permana - Nama Orang - Pembimbing; Budi Arifitama - Nama Orang - Pembimbing;

Praremaja adalah masa perkembangan manusia yang dimulai setelah masa anak usia dini dan sebelum masa remaja. Biasanya berakhir dengan awal pubertas, tetapi juga dapat disebut sebagai diakhiri dengan awal tahun-tahun remajanya. Kualitas sumber daya manusia saat mereka mencapai usia produktif akan dipengaruhi oleh bagaimana mereka dibentuk sejak masa sekolah. Maka, sangat penting untuk memastikan bahwa anak sekolah mengonsumsi makanan yang aman dengan gizi seimbang. Anak-anak tidak hanya makan di rumah, tetapi juga membeli jajan di luar maupun di dalam sekolah. Oleh karena itu, jajanan anak harus mendapat perhatian khusus karena ikut memengaruhi asupan makanan mereka agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, mereka memerlukan makanan yang bergizi, yang terdiri dari karbohidrat, mineral, protein, vitamin, dan lemak. Penelitian ini menggunakan metode marker-based tracking ialah salah satu teknik dalam pengembangan augmented reality (AR) yang digunakan, karena penggunaan marker pada aplikasi ini cocok diimplementasikan sebagai aspek pembelajaran yang cenderung cepat dalam hal pembacaan pada proses munculnya objek 3D. Dalam metode ini memanfaatkan tanda (marker) berupa metode pelacakan menggunakan marker atau gambar yang sudah diprogram untuk memberikan informasi tambahan pada objek nyata yang dilihat. Prinsip kerja dari metode ini adalah dengan mendeteksi dan melacak tanda (marker) yang sudah ditentukan, lalu menempatkan objek virtual pada posisi dan orientasi yang tepat di atas marker tersebut. Berdasarkan hasil pengujian, pada jarak 10-20 cm dan 20-30 cm, proses tracking berjalan dengan baik. Dengan demikian, objek 3D dapat ditampilkan secara keseluruhan dengan posisi dan kestabilan yang sesuai, sehingga siswa dapat mengamati dan mempelajari bagian tersebut dengan mudah. Hasil penelitian ini adalah aplikasi "NutriPal" yang memanfaatkan teknologi augmented reality dengan metode marker-based tracking. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena memudahkan dalam memperkenalkan makanan sehat dengan gizi seimbang kepada siswa/i kelas 4A serta meningkatkan daya tarik anak-anak terhadap makanan sehat.


Ketersediaan
TI24/050TI 24/050Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TI 24/050
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Information technology
Trilogi University--Information technology
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Putri Nugrahayati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik