Text
Implementasi augmented reality pada E-book cerita fiksi dengan metode multimedia development life cycle (studi kasus TK Rismah)
Pendidikan anak usia dini merupakan pengembangan berbagai aspek anak, termasuk kognitif, bahasa, sosial, emosional, dan fisik. Pada masa Golden Age atau Usia Emas adalah periode penting dalam masa perkembangan anak, yaitu antara 0 sampai 6 tahun. Fase ini sering disebut sebagai periode pengembangan otak tercepat dalam hidup manusia. Dalam proses pembelajarannya, perlu menerapkan metode yang menarik dan interaktif agar anak-anak dapat belajar dengan efektif dan menyenangkan. Dalam studi kasus TK Rismah ialah kurangnya minat baca pada anak usia dini yang menjadi keprihatinan yang perlu diatasi. Faktor pendorong rendahnya minat baca ini beragam, salah satunya metode pembelajaran tradisional yang kurang menarik dan interaktif. Hal ini berakibat pada keterhambatan perkembangan literasi dan imajinasi anak. Oleh karena itu, pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan mereka dengan cara yang lebih menyenangkan, dengan menerapkan teknologi Augmented Reality pada e-book cerita fiksi untuk anak usia dini dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) memiliki 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) efektif dalam mengembangkan berbagai proyek multimedia, termasuk proyek Augmented Reality, Karena struktur dan prosesnya yang jelas, fleksibilitas, dan berpusat pada pengguna membuatnya sangat cocok untuk menangani tantangan unik dan kompleksitas pengembangan aplikasi Augmented Reality Studi ini membuat prototipe aplikasi Augmented Reality dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) pada buku digital cerita fiksi yang terdiri dari konten cerita fiksi, gambar, suara dan objek 3D. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan aplikasi Augmented Reality pada e-book cerita fiksi dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) berhasil membuat pengalaman membaca cerita menyenangkan pada anak-anak TK Rismah. Pada saat tahap pengujiann fitur-fitur Augmented Reality berhasil di implementasikan dengan baik.
TI24/053 | TI 24/053 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain