Text
Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap keputusan berwirausaha studi kasus : mahasiswa Universitas Trilogi
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan, faktor lingkungan, dan efikasi diri terhadap keputusan berwirausaha pada mahasiswa Universitas Trilogi. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari 130 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah teknososiopreneur. Instrumen penelitian adalah kuesioner skala Likert, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi smartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan yang diukur melalui materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan praktik kewirausahaan, tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha dengan p-value sebesar 0.175. Ini menunjukkan bahwa materi dan metode pembelajaran saat ini belum memberikan dampak yang signifikan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa. Sebaliknya, faktor lingkungan, yang meliputi dukungan keluarga, lingkungan pertemanan, dan media sosial, menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha dengan koefisien positif dan p-value sebesar 0.000. Ini mengindikasikan bahwa dukungan dari lingkungan sosial memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri juga menunjukkan pengaruh signifikan dengan koefisien negatif dan p-value sebesar 0.005, yang berarti mahasiswa dengan tingkat efikasi diri yang tinggi cenderung memiliki kecenderungan lebih rendah untuk berwirausaha. Temuan ini menegaskan perlunya peningkatan relevansi pendidikan kewirausahaan serta penguatan dukungan sosial dalam mendorong keputusan berwirausaha. Pengembangan kurikulum kewirausahaan yang lebih komprehensif dan peningkatan efikasi diri mahasiswa merupakan langkah kunci untuk mempromosikan semangat kewirausahaan.
AGR24/010 | AGR 24/010 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain