Text
Meningkatkan kemampuan mengenal bunyi huruf awal pada anak usia 4-5 tahun melalui media Loose Parts di PAUD Suyakasih Komarudin Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung Jakarta Timur
Tujuan dari Penelitian ini adalah mendiskripsikan bagaimana pengaruh media loose parts dalam meningkatkan kemampuan mengenaal bunyi hururf awal kata pada anak usia 4-5 tahun yang mencakup kemampuan untuk mempelajari keaksaraan awal melalui kegiatan-kegiatan bermain dan menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai bentuk hasil karya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart dengan menggunakan siklus dan langkah-langkah yang sangat sistematis dengan tahapan penelitian dengan variable-variabel yang dirancang untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Tahapan penelitian meliputi penyusunan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan observasi awal maka dilakukan pra penelitian terhadap kemampuan anak dalam mengenal bunyi huruf awal kata sehingga diketahui presentasi kemampuan anak. ini menggunakan tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bunyi huruf awal kata meningkat dengan pengunaan media loose parts pada anak kelompok A dengan rata-rata 34,43%, setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 54.56% dan tindakan siklus II dengan presentasi 82,56%. Peningkatan dari Pra penelitian ke Siklus II sebesar 48,26%. Penggunaan media loose berpengaruh sangat efektof dalam mendorong minat anak dalam belajar melalui bermain. Implikasi dari penelitian ini meningkatkan kemampuan dalam menggunakan loose parts sebagai media belajar melalui bermain dan bentuk hasil karya pada anak usia 4-5 tahun
PAUD24/005 | PAUD 24/005 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain