Text
Pengembangan media pembelajaran Flipbook pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V SDN Cipinang Cempedak 01 Pagi Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi awal kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar, mengetahui langkah-langkah pembuatan media pembelajaran flipbook Pendidikan Pancasila Materi Mengenali Diri Sendiri Dan lingkunganku kelas V. mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran flipbook, mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick&Carey yang terdiri dari (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) menganalisi karakter peserta didik, (4) merumuskan tujuan masalah, (5) mengembangkan instrumen penelitian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) memilih dan mengembangkan media pembelajaran, (8) rancangan evaluasi formatif, (9) revisi pada bahan ajar Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VB SDN Cipinang Cempedak 01 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 30 peserta didik dengan uji coba perorangan 3 orang, uji coba kelompok kecil 10 orang, uji coba lapangan 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan (1) kondisi awal pembelajaran Pendidikan Pancasila, (2) langkah-langkah pembuatan media pembelajaran flipbook, (3) kelayakan media pembelajaran yang telah di validasi oleh ahli materi dengan kategori layak 96%, ahli media dengan kategori layak 83%, ahli bahasa kategori layak 92%, (4) efektivitas pada peserta didik dilihat dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dengan rata rata 65,3 setelah menggunakan media pembelajaran meningkat yaitu 89,8 dengan kategori layak dan efektif pada saat pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar.
PGSD24/021 | PGSD 24/021 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain