Text
Pengembangan media pembelajaran IPA terintegrasi audiobook pada siswa kelas IV SDN Cipinang besar selatan 20 Pagi Jakarta Timur
Di zaman sekarang, dimana sudah berkembang dan sudah banyak menggunakan teknologi. Masih banyak pendidik yang belum menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV-A SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi didapati guru masih menggunakan media pembelajaran yang monoton dan hanya terfokus pada buku paket. Penelitian difokuskan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas media interaktif audiobook pada pembelajaran IPA. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan model Borg and Gall yang sudah disesuaikan dengan lapangan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi. Jakarta Timur. Dan khusunya pada pembelajaran IPA. Sampel siswa sebanyak 23 siswa. Dan dari penelitian didapatkan rata-rata skor pretest siswa sebesar 62, dan pada posttest sebesar 85. Hasil efektivitas cohen D sebesar 0.312, dan pada N-Gain terdapat skor 0.614. Dan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dengan menggunakan media audiobook.
PGSD24/020 | PGSD 24/020 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain