Text
Peningkatan keterampilan membaca melalui metode pembelajaran CIRC (cooperative integrated reading and composition) pada siswa kelas IV SDN Balimester 03
Membaca pemahaman adalah membaca yang dilakukan siswa untuk mengenal, memahami dan sekaligus menyimpan informasi yang terkandung dalam isi bacaan, siswa mengumpulkan informasi melalui kegiatan membaca yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan membaca di sekolah dalam kegiatan literasi membaca, pemahaman membaca adalah kegiatan membaca. juga diartikan sebagai membaca untuk memahami isi bacaan yang mewakili gagasan, gagasan, pemikiran. Metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Pembelajaran CIRC merupakan metode pembelajaran berbasis kelompok. Metode CIRC meliputi: 1) pembentukan kelompok, 2) diskusi kelompok, 3) presentasi hasil, 4) penguatan antar anggota kelompok. Siswa diharapkan mampu membaca dan memahami isi pokok teks. Berdasarkan hasil tes membaca pemahaman, siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa pada siklus II memperoleh rata-rata 82,70 dari jumlah siswa. Dilihat dari ketuntasan klasikal pada siklus 1 yang memperoleh rata-rata 70,20 meningkat menjadi rata-rata pada siklus II sebesar 82,70 ketuntasan. Tingkat ketuntasan siswa yang berhasil mencapai KKM pada siklus I sebanyak 15 siswa, sedangkan hasil ketuntasan siswa pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa yang berhasil memperoleh nilai di atas KKM, dan hanya 4 siswa yang tidak mencapai KKM. selesai pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode CIRC dalam pembelajaran pemahaman membaca siswa kelas IV menunjukkan hasil yang meningkat.
PGSD24/019 | PGSD 24/019 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain