Text
Pengembangan media corong berhitung dalam mata pelajaran matematika untuk meningkatan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media corong berhitung dalam mata pelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembanggan ADDIE. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IA SDN Halim 01 yang berjumlah 30 siswa. Tujuan yang diharpkan dalam oenelitian ini antara lain: 1)untuk menghasilkan dan mengembangkan mediapembelajaran konkret Corong Berhitung, 2)untuk mengetahui kelayakan media corong berhitung dalam kegiatan pembelajaran berhitung, 3)untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan media corong berhitung dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IA SDN Halim. Hasil pengembangan media dari penelitian ini adalah corong berhitung dengan didapatkan perolehan hasil validasi desain sebesar 72% dengan kategori "layak", ahli media sebesar 88% dengan kategori "sangat layak", ahli materi 84% dengan kategori 84% dalam kategori "sangat layak" dan hasil angket kelompok kecil sebesar 94% dan kelompok besar 96%. Serta hasil belajar siswa dengan melakukan pretest dan postets, terlihat adanya peningkatan yaitu nilai rata-rata postest sebesar 84% lebih tinggi dibandingkan hasil rata-rata pretest sebesar 63% dengan n- gain skor 0,57 dalam kategori sedang. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media corong berhitung dalam meningkatkan kemampuan berhitung dikatakan layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran berhtiung di kelas 1 SDN Halim
PGSD24/016 | PGSD 24/016 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain