Text
Pengembangan media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas V A SDN Cipinang Melayu 01 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran ppendidikan Pancasila siswa kelas VA SDN Cipinang Melayu 01 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), model pengembangan Dick and Carey dengan 10 tahapan yang digunakan. Media ini di uji coba oleh beberapa ahli yaitu ahli desain, ahli bahasa, ahli materi, siswa dan guru kelas VA. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Hasil validasi media oleh ahli desain mendapatkan presentase 84% dengan kualifikasi sangat valid, ahli materi pada media ini memperoleh kualifikasi sangat valid dengan presentase 93%, ahli bahasa pada media ini memperoleh presentase 88%. Selain validasi oleh para ahli, media buku bahan ajar dengan wordwall telah diimplementasikan pada guru dan siswa kelas VA SDN Cipinang Melayu 01 Jakarta. Dari hasil respon guru mendapatkan hasil 87% dan respon siswa 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VA di SDN Cipinang Melayu 01 Jakarta layak digunakan oleh guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar.
PGSD24/015 | PGSD 24/015 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain