Text
Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Role Playing di kelas II A SDIT Nurul Fikri Bekasi
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dengan menggunakan metode role playing serta mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara pada peserta didik di kelas II A SDIT Nurul Fikri Bekasi. Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimun (KKM 75) yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Dalam upaya pelaksanaannya dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Planning (Perencanaan), 2) Action (Tindakan), 3) Observation (Observasi), 4) Reflection (Refleksi). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan 19 peserta didik. Adapun hasil penelitian dari penerapan metode role playing dengan rata-rata nilai semula 53,4 menjadi 64,2 pada siklus 1 kemudian dilanjut pada siklus II yaitu menjadi 81,5 dengan peningkatan sebanyak 17,3.
PGSD24/011 | PGSD 24/011 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain