Text
Pengembangan kredibilitas dan kepercayaan terhadap produk smartphone samsung galaxy series dengan brand image endorse Al Ghazali sebagai variabel intervening
Persaingan ketat dalam elektronik, terutama smartphone, memaksa perusahaan untuk inovatif dan kreatif dalam pemasaran guna menarik dan mempertahankan pembeli, seiring peningkatan penjualan perangkat yang terus berkembang. Penelitian ini menguji pengaruh kredibilitas dan kepercayaan yang dimediasi oleh citra merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan smartphone Samsung Galaxy Series sebagai objek penelitian sehingga terpilih sampel sebanyak 400 orang. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak (software) (PLS- SEM) untuk analisis data dan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kredibilitas tidak berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian karena faktor seperti persepsi kritis konsumen, fokus pada harga dan fitur. (2) Kepercayaan tidak berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian karena faktor seperti tingkat kepercayaan yang tinggi, fokus pada harga dan spesifikasi, serta kepercayaan pada ulasan pengguna dan rekomendasi teman lebih mempengaruhi keputusan pembelian. (3) Kredibilitas tidak berpengaruh Terhadap brand image karena faktornya meliputi persepsi kritis konsumen terhadap endorsement selebriti, brand image Samsung yang sudah kuat skeptisisme terhadap motif komersial endorsement selebriti. (4) Kepercayaan berpengaruh Terhadap brand image karena kepercayaan konsumen sebagai kunci brand image, validasi sosial dari Al Ghazali, dan peningkatan loyalitas. (5) Brand image signifikan mempengaruhi keputusan pembelian karena faktor inovasi brand, endorsement selebritas strategi pemasaran yang efektif dan pengaruh media sosial juga memperkuat keputusan pembelian konsumen. (6) Kredibilitas yang dimediasi oleh brand image tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian karena faktor seperti desain produk, pemasaran, dan pengalaman pelanggan. Kredibilitas saja tidak cukup jika tidak diterjemahkan dengan jelas dalam atribut brand atau jika aspek lain lebih dominan dalam membentuk persepsi brand. (7) Kepercayaan yang dimediasi oleh brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena kredibilitas membentuk persepsi positif.
TES24/043 | TES 24/043 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain