PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan aplikasi pengenalan perangkat keras komputer menggunakan metode MDLC berbasis augmented reality (studi kasus : SMK Muhammadiyah 02 Cileungsi

Text

Pengembangan aplikasi pengenalan perangkat keras komputer menggunakan metode MDLC berbasis augmented reality (studi kasus : SMK Muhammadiyah 02 Cileungsi

Muhamad Adila Syahputra - Nama Orang - Pengarang Utama; Silvester Dian Handy Permana - Nama Orang - Pembimbing; Ade Syahputra - Nama Orang - Pembimbing;

Pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas 10 Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Muhammadiyah 02 Cileungsi. Pada penelitian ini berpusat pada materi pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer yang fokus pada komponen Central Processing Unit (CPU) yang digunakan sebagai alat peraga memiliki keterbatasan jumlah pada perangkat keras komputer untuk bahan pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer terutama pada komponen CPU. Augmented Reality (AR) menawarkan solusi teknologi yang dapat menggantikan perangkat keras komputer asli dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi menggunakan teknologi AR. Penelitian ini menerapkan pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan metode pengembangan ini AR dapat dirancang secara sistematis untuk memastikan ketepatan target pengembangan aplikasi AR untuk menggantikan perangkat keras asli. Aplikasi pengenalan perangkat keras komputer menggunakan teknologi AR dan metode pengembangan MDLC, siswa dapat menggunakan media pembelajaran pengenalan perangkat keras komputer dengan yang menampilkan objek 3D yang dapat dilihat melalui aplikasi dan kamera. Penelitian pengembangan aplikasi ini mendapat validasi pengguna dari siswa SMK Muhammadiyah 02 Cileungsi menggunakan UEQ dengan nilai daya tarik memiliki nilai rata-rata (mean) 1,74 dan dibandingkan dengan tolok ukur, aspek ini dikategorikan sebagai "Baik" (Good), Kejelasan memperoleh nilai rata-rata 1,78, juga dikategorikan sebagai "Baik" (Good), Efisiensi menunjukkan performa yang sangat baik dengan nilai rata-rata 1,89, dikategorikan sebagai "Sangat Baik" (Excellent), Ketepatan mendapatkan nilai rata-rata 1,40 dan dinilai "Di Atas Rata-rata" (Above Average), Stimulasi memiliki nilai rata-rata 1,38 dengan kategori "Baik" (Good), Kebaruan memperoleh nilai rata-rata 0,96, dinilai "Di Atas Rata-rata" (Above Average), Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki beberapa aspek yang sangat baik.


Ketersediaan
TI24/037TI 24/037Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TI 24/037
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Information technology
Trilogi University--Information technology
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhamad Adila Syahputra
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik