Text
pengaruh kualitas pembelajaran dan kompetensi instruktur terhadap prestasi belajar dengan pemediasi kepuasan peserta pelatihan di PIP Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pembelajaran dan kompetensi instruktur terhadap prestasi belajar, serta peran mediasi kepuasan belajar di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 peserta pelatihan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar, serta kompetensi instruktur juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar pada peserta pelatihan di PIP Semarang. Selain itu, kepuasan belajar terbukti berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta. Namun, kualitas pembelajaran tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar. Kompetensi instruktur memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan belajar memediasi hubungan antara kualitas pembelajaran dengan prestasi belajar, serta memediasi hubungan antara kompetensi instruktur dengan prestasi belajar. Temuan ini mengindikasikan pentingnya kualitas pembelajaran dan kompetensi instruktur dalam meningkatkan kepuasan belajar, yang pada gilirannya berperan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta pelatihan di PIP Semarang. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan kebijakan dan strategi pembelajaran di institusi pendidikan vokasi.
TES25/040 | TES 25/040 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain