Text
Perspektif guru dalam mengatasi kesulitan membaca kata pada anak disleksia Usia Sekolah Dasar
Penelitian ini mengulas kesulitan membaca pada anak-anak, khususnya yang mengalami disleksia, serta dampaknya terhadap kemampuan bahasa mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memaharni tantangan yang dihadapi oleh siswa disleksia, dan bagaimana perspektif guru dalam menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan ini, dan merumuskan strategi untuk membantu mereka dalam proses membaca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada seorang siswa bernama AS, yang mengalami kesulitan dalam membaca dan mengeja akibat daya ingat jangka pendek yang lemah dan minimnya dukungan dari orang tua. Berbagai tantangan yang dihadapi siswa disleksia meliputi kesulitan dalam mengenali huruf, membaca kata serta suku kata, dan memahami kalimat. Faktor-faktor penyebab kesulitan ini dapat dikelompokkan dalam kategori fisiologis, biologis, kognitif, dan perilaku. Dalam hal ini, dukungan dari orang tua dan guru memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran mereka. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya kolaborasi antara orang tua, guru, dan terapis untuk memberikan dukungan yang maksimal bagi anak-anak dengan disleksia. Selain itu, faktor psikologis dan pendidikan juga mempengaruhi kesulitan membaca. Untuk mengatasi permasalahan ini, kerjasama yang erat antara guru dan orang tua sangat diperlukan, sambil menerapkan berbagai metode pembelajaran yang menarik dan inovatif.
PGSD25/004 | PGSD 25/004 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain