Text
Pengembangan media Board Game smart Division pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Rawa Buaya 03 Jakarta Barat
Penelitian dan pengembangan media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar penting dilakukan supaya terwujud pembelajaran yang inovatif, kritis, efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Board Game Smart Division berbasis kuliner nusantara di kelas IV SD yang berfokus pada meningkatkan hasil belajar menghitung pembagian bersusun matematika. Metode yang digunakan yakni Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Pengembang media board game smart division mampu menarik minat belajar siswa dan mewujudkan pengalaman pembelajaran yang interaktif terbukti dari hasil data validasi siswa, ahli materi, media dan bahasa. Hasil penelitian memperoleh data skor validasi dari ahli media 80, materi 96 skor, bahasa 92 skor. Menandakan media board game telah valid. Uji coba media pada siswa melalui uji coba kelompok kecil, terbatas dan lapangan yang menghasilkan respon siswa ""sangat baik"". Evaluasi hasil belajar siswa dengan pre-test dan post-test menunjukkan kenaikan hasil belajar rata-rata nilai pre-test dari 59 dan post-test 89. Jika dipersentase peningkatan pre dan posttest yakni naik 30%. Dengan berdasarkan data, media board game smart division terbukti valid, layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rawa Buaya 03 Jakarta, mampu memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik minat belajar siswa.
PGSD25/005 | PGSD 25/005 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain