Text
Penerapan motode tahfidz dalam hafalan Juz 30 di TK Bunayya Islamic Preschool
Menghafalkan Al-Qur'an dapat dilakukan sejak usia dini karena pada masa ini otak anak sedang berkembang pesat. Salah satu caranya melalui kegiatan tahfidz di TK/PAUD. Penelitian penerapan metode tahfidz dalam hafalan Juz 30 bertempat di TK Bunayya Islamic Preschool dengan subjek penelitian peserta didik TK A dan TK B. Metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Pada penelitian ini ditemukan bahwa metode tahfidz di TK Bunayya Islamic Preschool menggunakan metode tahfidz yang beragam, seperti metode Sima'i dan muraja'ah. Akan tetapi, metode Talaqqi merupakan metode yang paling dominan digunakan dalam kegiatan tahfidz dengan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan Tahfidz. Adapun hafalan surah yang dilakukan di TK A, yakni surah Al-Lahab hingga Al-Kautsar, dan TK B surah Al-Ashr hingga Al-Zalzalah untuk 1 tahun pelajaran. Selain itu, Faktor pendukung dari kegiatan tahfidz yakni motivasi yang tinggi dan kemampuan belajar yang baik sedangkan faktor penghambat karena kurangnya pendidikan di rumah dan kefokusan yang kurang.
PGPAUD25/003 | PGPAUD 25/003 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain