Text
Analisis pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja crew kapal di PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI)
Penelitian in bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja crew kapal KM. Sabuk Nusantara 92 dan KM. Sabuk Nusantara 89 di PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja crew kapal, sementara pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif. Hal in mengindikasikan bahwa dalam industri pelayaran, pengalaman pratik dan pelatihan yang relevan lebih berdampak terhadap peningkatan kinerja dibandingkan dengan tingkat pendidikan formal. Temuan ini menunjukkan bahwa PT. PELNI perlu lebih berfokus pada peningkatan kualitas pelatihan berbasis kompetensi gun meningkatkan keterampilan dan kesiapan crew dalam menghadapi tantangan operasional. Pelatihan yang lebih aplikatif dan berbasis teknologi modern diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional kapal. Selain itu, penelitian in merekomendasikan agar evaluasi pelatihan dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitasnya dalam meningkatkan kinerja crew kapal.
SKR25/052 | SKR 25/052 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain