Text
Strategi pengembangan model bisnis produk selai susu pada CV. Mamifood Sukses Abadi, Kota Bogor
Permasalahan dalam penelitian in adalah rendahnya tingkat penjualan produk selai susu CV. Mamifood Sukses Abadi, meskipun memiliki keunikan perpaduan susu dengan rasa buah, serta kandungan inulin sebagai prebiotik. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pengembangan model bisnis yang teat untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, evaluasi diperlukan untuk mengembangkan usaha menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT guna mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk mengembangkan usaha serta konsep bisnis yang lebih matang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, kuesioner kepada 31 responden, serta studi literatur. Teknik analisis data menggunakan pendekatan BMC, analisis SWOT, IFS, EFAS, dan Matriks IE. Hasil penelitian pada Matriks I menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran IV yaitu Pertumbuhan dengan total skor IFAS 3,04 dan EFAS 2,14. Strategi utama yang direkomendasikan adalah strategi SO, yaitu promosi produk di sosial media, pengembangan varian rasa dan kemasan praktis, serta bundling dengan produk lokal lain untuk menarik segmen pelanggan baru. Model bisnis baru dengan adanya pendekatan BMC menunjukkan bahwa strategi yang perlu diperkuat adalah dalam saluran distribusi, inovasi produk, dan pengelolaan biaya produksi secara efisien.
AGR25/006 | AGR 25/006 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain