Text
Perencangan user interface dan user experience aplikasi sampahku menggunakan metode design thinking
Pengelolaan sampah merupakan permasalahan yang masih dihadapi oleh masyarakat, khususnya terkait kesadaran dalam memilah dan mengelola sampah secara tepat. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah melalui pengembangan aplikasi digital yang mampu memfasilitasi masyarakat dalam mengelola sampah dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi Sampahku dengan menggunakan metode Design Thinking. Tahapan yang dilakukan meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan test untuk menghasilkan rancangan antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta kuesioner kepada calon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain aplikasi yang dikembangkan mampu memberikan kemudahan dalam navigasi, meningkatkan pengalaman pengguna, serta mendukung aktivitas pengelolaan sampah secara partisipatif. Dengan demikian, perancangan UI/UX berbasis Design Thinking pada aplikasi Sampahku diharapkan dapat menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah.
| SI25/019 | SI 25/019 | Prodi Sistem Informasi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain