Text
Analisis sentimen terhadap aplikasi gojek driver dengan metode naïve bayes classifier
Aplikasi ojek online berbasis mobile semakin diminati oleh masyarakat karena mudah digunakan dan lebih efisien. Salah satu aplikasi ojek online berbasis mobile adalah aplikasi Gojek driver. Gojek driver adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh pengemudi ojek online yang di buat oleh PT. Go To Gojek Tokopedia Tbk untuk para mitranya. Akan tetapi mash banyak kekurangan pada aplikasi Gojek driver di antaranya adalah rute pengantaran yang tidak sesuai, sistem orderan yang tidak merata dan lain sebagainya, oleh karena itu analisis sentimen terhadap aplikasi gojek driver untuk melihat aspek aspek yang harus diperbaiki agar aplikasi bisa menjadi lebih efektif dan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis sentimen terhadap aplikasi Gojek driver dengan mengunakan metode Naive Bayes Classifier. Data yang akan digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari ulasan pengguna yang terdapat di PlayStore. Metode Naive bayes Classifier digunakan untuk mengklasifikasikan ulasan sentimen menjadi kategori positif dan negatif serta menggunakan confusion matrix sebagai metode untuk mengukur performa model machine learning. Hasil dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier pada 3.000 ulasan memperoleh nilai accuracy 85%, precision 86%, recall 98% dan F I - score 92%. dari hasil yang didapatkan algortima Naïve bayes Classifier membuktikan bahwa nilai akurasi cukup tinggi yaitu sebesar 85% sehingga dapat menjadi pilihan dalam pengklasifikasian data ulasan.
| TI25/012 | TI 25/012 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain