Text
Identifikasi penggunaaan chat GPT pada esai TOEFL menggunakan metode Lang Short Term Memory (LSTM)
Ketergantungan masyarakat umum pada bidang kecerdasan buatan (Al) semakin meningkat di zaman teknologi sekarang. Teknologi kecerdasan buatan yang sering digunakan adalah Chat GPT (Generative Pre-trained Transformers) yang menyebabkan kehilangan kreativitas dan jati diri manusia. Chat GPT merupakan suatu aplikasi yang digunakan oleh masyarakat sebagai sumber informasi, membuat karya tulis, menjawab suatu pertanyaan esai TOEFL, dan menyusun suatu kalimat. Penggunaan ini pun dapat menyebabkan masyarakat tidak memahami konteks dan mengandalkan hasil teks Al tersebut. Hal ini akan berdampak terhadap penyalahgunaan teknologi. Penelitian ini digunakan untuk mengidentifikasi apakah esai TOEFL tersebut merupakan karya buatan sendiri atau berdasarkan dari GPT. Penelitian menggunakan perintah esai yang sama pada kumpulan data manusia dan GPT dengan jumlah sampel sebesar 220 yang didapatkan menggunakan rumus cochran. Penelitian ini melakukan 3 konfigurasi pembagian data untuk mendapatkan hasil terbaik. Penelitian menggunakan metode Long Short Term Memory (LSTM) untuk mengidentifikasi penggunaan GPT pada esai TOEFL. Metode LSTM merupakan metode Deep Learning dan suatu modifikasi dari algoritma Recurrent Neural Network (RNN) melibatkan sel memori yang dikontrol oieh tiga gerbang, yaitu input gate, forgot gate, dan output gate serta memiliki hidden state yaitu memori jangka pendek. Gerbang tersebut berfungsi untuk memutuskan dan mengontrol informasi yang akan ditambahkan, dihapus, dan dikeluarkan dari sel memori. Hasil penelitian ini merupakan suatu sistem yang dapat membantu pengajar untuk mendeteksi penggunaan GPT pada esai TOEFL. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi penggunaan GPT pada esai TOEFL dalam konfigurasi pembagian data 70:30 dengan skor loss sebesar 25.07%, skor akurasi sebesar 89,83%, serta prediksi sebesar 64,32%. Oleh karena itu, diharapkan sistem dari penelitian ini dapat membantu pengajar dalam identifikasi penggunaan GPT, memudahkan penilaian serta mengubah strategi dan proses ujian TOEFL.
| TI25/005 | TI 25/005 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain