Text
Studi eksperimen penyesuaian parameter simulasi komunikasi pada kendaraan terhubung untuk optimasi kinerja protokol routing reaktif di jaringan vanet
Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dan menemukan parameter optimal yang berkaitan dengan Quality of Service (QoS) dalam komunikasi kendaraan terhubung pada jaringan Vehicular Ad Hoc Networks (VANETs), dengan protokol Learning Automata-based Ad Hoc Distance Vector (LA-AODV). Studi ini membandingkan tiga varian LA-AODV, yaitu LA-AODV(A), LA-AODV(B), dan LA-AODV(C), dengan protokol AODV standar: Hasil simulasi mengevaluasi kinerja masing-masing protokol berdasarkan metrik QoS penting seperti Flod ID, Packet Loss Ratio (PLR), Packet Delivery Ratio (PDR), Throughput Rata-Rata, Delay End-to-End, dan Jitter End-to-End. Hasil menunjukkan bahwa LA-AODV(B) secara konsisten memberikan kinerja terbaik, khususnya dalam metrik Flood ID, dengan peningkatan sebesar 9,14%, 40,29%, dan 22,79% pada skenario 50, 100, dan 200 percobaan dibandingkan dengan LA-AODV(A). Namun, LA-AODV(C) menunjukkan performa kurang optimal pada skenario yang sama. Meskipun demikian, penyesuaian parameter yang tepat pada LA-AODV(C) menghasilkan peningkatan signifikan, dengan pengurangan Flod Id sebesar 74% dibandingkan AODV dalam berbagai skenario simulasi. Penyesuaian parameter terbukti penting untuk menjaga efisiensi komunikasi kendaraan terhubung secara konsisten. Adaptabilitas LA-AODV terhadap berbagai kondisi lalu lintas memberikan wawasan berharga. Fokus penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja LA-AODV dalam skenario yang realistis. Meskipun perbandingan dengan metode lain akan dilakukan pada penelitian selanjutnya, studi ini memberikan pemahaman awal mengenai efektivitas LA-AODV dibandingkan AODV standar dalam komunikasi kendaraan terhubung di dunia nyata.
| TI25/004 | TI 25/004 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain