Text
Analisis pengalaman pengguna dalam proses pembelian tiket journey plan pada aplikasi jaklingko menggunakan metode User Experience Question (UEQ)
Jakarta merupakan kota metropolitan dengan tingkat mobilitas dan populasi yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota termacet di dunia pada tahun 2023. Penyebab kemacetan meliputi tingginya penggunaan kendaraan pribadi, keterbatasan infrastruktur jalan, dan transisi menuju integrasi transportasi umum. Untuk mengurangi masalah ini, pemerintah meluncurkan aplikasi JakLingko yang mengintegrasikan berbagai moda transportasi publik seperti KRL, MRT, LRT, dan TransJakarta. Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam mencari rute dan membeli tiket melalui satu platform yang ramah pengguna. Namun jika dilihat dari komentar dan review yang dilakukan pada Google Play Store dan App Store banyak pengguna yang kebingungan saat melakukan proses pencarian sampai pembelian tiket pada aplikasi. Pengguna banyak mengeluhkan soal tampilan yang kurang friendly sehingga dinilai kurang efisien saat proses pembelian tiket. Dengan adanya masalah ini untuk mengetahui sudut pandang pengguna lebih dalam lagi dilakukan analisis user experience pada tampilan proses pembelian tiket pada aplikasi dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ dengan mengumpulkan data sebanyak 100 responden dengan 4 segment pengguna aplikasi melalui penyebaran kusioner melalui sosial media. Dengan hasil cukup baik nilai penilitian ini bisa menjadi pedoman tim aplikasi untuk mengevaluasi dan letak rekomendasi tampilan aplikasi berdasarkan data yang diberikan responden.
| TI25/003 | TI 25/003 | Prodi Teknik Informatika (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain