Belajar memiliki makna sebagai suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun nilai posi…
Pada bidang keguruan dan pendidikan, ada banyak metode penelitian yang dapat digunakan untuk menyelidiki dampak dari pendekatan instruksional yang berbeda pada pembelajaran atau untuk memahami cara…
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) sebagai proses pembelajaran pada proses pendidikan mengintegrasikan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, dengan tujuan membina warga negara yang berrestasi. IPS merupa…
Bagi seorang pendidik, sebelum melakukan suatu pembelajaran tentunya diperlukan suatu desain pembelajaran. Hal ini berguna untuk meningkatkan pemahaman atau kemampuan belajar peserta didik. Untuk i…
Blended learning mulai dikenal setelah ditemukan kelemahanpada pertemuan tatap muka dan kelemahan pada online learningoleh Bersin pada penelitiannya tahun 2004. Selanjutnya,dikembangkan pembelajara…
Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi. Materi buku ini luas dan dile…
Buku ini disusun dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Pendekatan yang digunakan buku ini sangat berbeda belum pernah dilakukan sebelumnya dalam penyusunan skripsi melalu…
Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi antara lain disebabkan oleh dorongan fitrah manusia. Manusia adalah makhluk yang memiliki rasa ingin tahu dan berpihak kepada kebenaran. Manusia juga memiliki …
Buku ini memaparkan variabel psikologi untuk menjadi variabel penelitian yang dipelajari kemudian disusul dengan penemuan dari yang mendukung teori tersebut lalu mengemukakan indikatornya yang disu…