Text
Pengaruh Desain Toko, Suasana Toko, dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Pada Bisnis Ritel (Studi Kasus Miniso Jakarta Timur)
Ritel atau eceran (retailing) dipahami sebagai kegiatan yang terlibat dalam penjualan barang atau jasa secara langsung kepada pembeli akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan penggunaan bisnis.
Miniso merupakan salah satu dari bisnis ritel yang ada di Indonesia. Miniso didirikan pada tahun 2011 oleh desainer Jepang dan konglomerat Tiongkok, yang dimana kantor pusat Miniso berada di Tiongkok.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelian tak terencana pada gerai Miniso dimana selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sedangkan pembelian terencana selalu mengalami penurunan setiap tahunnya. Konsumen Indonesia lebih tertarik dalam melakukan pembelian tak terencana dibandingkan dengan pembelian terencana, sehingga pemasar membutuhkan strategi yang tepat agar konsumen tertarik melakukan pembelian tak terencana.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh dari Desain Toko, Suasana Toko dan Harga dalam mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Miniso di Jakarta Timur.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk di Miniso dengan rencana pembelian dan tanpa adanya rencana pembelian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 140 orang. Teknik analisa menggunakan konsep Partial Least Square atau PLS, merupakan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Pada dasarnya SEM digunakan untuk menggambarkan hubungan secara simultan antar variabel lanten dan antara variabel laten dengan variabel manifes sebagai indikator.
Hasil analisa diperoleh bahwa variabel Desain Toko (X1) pada variabel Pembelian Impulsif (Y), variabel Suasana Toko (X2) pada variabel Pembelian Impulsif (Y) dan variabel Harga (X3) pada variabel Pembelian Impulsif (Y).
SKR19/057 | SKR 19/057 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain