Text
Analisis Tingkat Kualitas Layanan dan Kepuasan Sistem E-Filing (Studi Pada Unversitas Trilogi)
Electronica Filing Sistem (E-Filing) adalah suatu cara melaporkan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online realitime wajib pajak melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak, dimana saat ini wajib pajak bisa lebih cepat, lebih mudah dan akurat dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas elektronik yang telah disediakan sistem e-filing, untuk mengetahui tingkat kualitas layanan sistem e-filing terhadap kepuasan wajib pajak diperlukan proses dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan GAP Analysis. Hasil pengukuran IPA, CSI dan GAP dapat dijadikan sebagai bahan masukan agar dapat meningkatkan sistem e-filing. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan voluntary sampling. Hasil perhitungan IPA untuk tingkat kualitas layanan sistem e-filing menunjukkan, bahwa: masih terdapat beberapa indikator dan dimensi dalam kualitas layanan di Kuadran I (Prioritas Utama) dan Kuadran II (Pertahankan Prestasi), sedangkan dalam perhitungan CSI menghasilkan nilai sebesar 79%, dimana angka tersebut berada pada rentang 0,66 – 0,80 yang menunjukkan, bahwa wajib pajak pengguna e-filing merasa puas. Dan dalam perhitungan GAP Analysis seluruh indikator masih bernilai negative, hanya terdapat 4 (empat) indikator bernilai positif berada pada dimensi assurance dan empathy, begitupun dalam keseluruhan dimensi menunjukkan GAP negatif, hanya dimensi empathy menunjukkan GAP positif.
SKR20/190 | SKR 20/190 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain