Text
Peran Guru dalam pembelajaran menulis permulaan Siswa Kelas I A di SDN Jatiasih IV Kota Bekasi tahun ajaran 2020-2021
Pembelajaran menulis permulaan kelas I Sekolah Dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, tema 1, Subtema 3, Pembelajaran 1 & 2. Permasalahan yang ditemui siswa dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik dalam menulis permulaan, guru kelas dituntut untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam hal menulis permulaan, adanya faktor penghambat, dan pandemi Covid-19. Tujuan penelitian memperoleh pemahaman mendalam mengenai peran guru dalam pembelajaran menulis permulaan, bertempat di SDN Jatiasih IV Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I-A. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, meningkatkan ketekunan, dan menggunakan bahan referensi. Analisis data menggunakan model Milles & Huberman. Hasil penelitian: Kemampuan menulis permulaan siswa kelas I-A: siswa sudah memiliki kemampuan menulis permulaan yang cukup baik dan siswa yang masih memiliki kendala dalam kemampuan menulis permulaan. Faktor penghambat: gangguan motorik halus, persepsi, mood swing, kurangnya motivasi belajar, tulisan siswa tidak konsisten dalam jarak ataupun ukuran huruf, salah arah dalam penulisan, dan pemahaman siswa akan instruksi yang guru berikan. Aktivitas pembelajaran: tahap pengenalan dan pembelajaran. Peran guru: Fasilitator, menyusun RPP, menggunakan media, metode, strategi, serta kegiatan melatih motorik kasar dan halus siswa. Demonstrator: melakukan kegiatan pra-menulis dan penugasan. Motivator: penambahan jam belajar, memberikan semangat & motivasi, serta punishment. Pengelola kelas: belum dijalankan sepenuhnya seperti penambahan koleksi buku bacaan pada pojok membaca dan memajang hasil karya siswa, namun untuk menyimpan bukti dan hasil karya siswa tetap dilakukan. Evaluator: menilai kemampuan dan perkembangan siswa dalam pembelajaran menulis permulaan.
PGSD21/005 | PGSD 21/005 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain