Text
Pengembangan media papan stik perkalian pada pokok bahasan operasi perkalian kelas V SD Cikoko 01 Pagi
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran pada mata pelajaran matematika khususnya perkalian, perkalian sangat berperan penting sebagai dasar untuk lebih memahami materi ajar. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran media papan stik perkalian ini diaharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep perkalian dengan mudah dan membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan maksimal. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media papan stik perkalian yang memiliki tingkat kevalidan, daya tarik dari produk yang dihasilkan. Sehingga media yang dibuat oleh peneliti dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk bisa meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Cikoko 01 Pagi khususnya pada pelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian menggunakan lima langkah dalam mengembangkan media diantaranya : (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, dan (5) revisi produk. Data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dikembangkan menghasilkan produk berupa media papan Stik perkalian pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian yang memperoleh presentase kelayakan 84% oleh ahli media, 90% oleh praktisi, dan 95% oleh pendidik. maka jika di rekapitulasi 89,6% hal ini menujukkan bahwa media papan Stik perkalian yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan sebagai salah satu sarana untuk guru disekolah SDN Cikoko 01 Pagi kelas V.
PGSD21/024 | PGSD 21/024 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain