Text
Pengembangan buku digital cerita bergambar berbasis multiple intelligences untuk siswa Kelas V SDS Yasporbi III Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku digital cerita bergambar berbasis multiple intelligences yang valid secara teoretis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDS Yasporbi III. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil nilai validasi produk yang dikembangkan dari ahli media sebesar 83,8%, ahli materi 84,2%, ahli bahasa 82,2%, dan ahli praktisi 97,7%. Dari rata- rata skor yang dihasilkan maka produk dapat dikategorikan sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Tingkat kemenarikan produk berdasarkan tahap uji coba lapangan kepada siswa, memperoleh nilai sebesar 91% yang dikategorikan sangat menarik. Penggunaan buku digital cerita bergambar berbasis multiple intelligences pada tema 5 “Cinta Indonesia” terbukti memenuhi aspek kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran dan berhasil meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa serta memfasilitasi kecerdasan majemuk siswa kelas V SDS Yasporbi III. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai post test siswa saat uji coba lapangan. Hasil nilai siswa mengalami peningkatan sebanyak 21,12% yaitu dari persentase rata-rata nilai pre testsebelum penggunaan produk sebesar 70,2% dimana hanya 4 dari 18 siswa yang lulus standar KKM dan persentase rata-rata nilai siswa saat post test atau setelah menggunakan produk sebesar 89% dimana seluruh siswa lulus standar ketuntasan minimal.
PGSD20/002 | PGSD 20/002 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain