Text
Studi deskriptif membaca permulaan pada pembelajaran jarak jauh di kelas I B SDN Pancoran 07 Pagi
Membaca permulaan merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap siswa pada jenjang sekolah dasar agar siswa dapat mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran. penelitian ini membahas tentang membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Pancoran 07 Pagi. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor penghambat dan faktor-faktor pendukung membaca permulaan, serta upaya guru dalam mengatasi permasalahan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana peneliti memaparkan dan menggambarkan mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan dan sesuai dengan yang didapatkan selama penelitian. Hasil dari penelitian yang didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi inimenunjukan bahwa terdapat adanya beberapa faktor peghambat seperti : (1) kurangnya rasa percaya diri, (2) konsentrasi belajar yang rendah, (3) kurangnya perhatian orang tua. Faktor pendukung membaca permulaan adalah : (1) Sarana dan prasarana yang menunjang, (3) Teman Sebaya. Sedangkan upaya guru yang telah dilakukan adalah : (1) Guru memberikan jam tambahan, (2) Proses pembelajaran yang menyenangkan.
PGSD21/013 | PGSD 21/013 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain