Text
Analisis kesulitan belajar siswa dalam ketrampilan menyimak kelas 2A SDIT Insan Mandiri
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motivasi belajar siswa kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta di era pandemi COVID-19 serta peran guru kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi COVID-19. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode validasi yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta di era pandemi COVID-19 sudah bisa dikategorikan baik dikarenakan perbandingan nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ini dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) semester sebelumnya terjadi peningkatan. Peran guru kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era pandemi COVID-19 adalah, (1) Guru kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta sudah menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum kegiatan pembelajaran jarak jauh di era pandemi COVID-19 dilaksanakan, (2) guru kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta juga membuat Lembar Kerja Siswa (LKS) yang di dalamnya terdapat langkah, alur pembelajaran, materi pelajaran, soal evaluasi serta kalimat motivasi untuk siswa, (3) Saat kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guru kelas II-A SDN Cikoko 03 Jakarta menerapkan metode pembelajaran bervariasi agar siswa berperan aktif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, kritis dan inovatif.
PGSD21/008 | PGSD 21/008 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain