Text
Pengaruh model contexual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas IV SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan
Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, membuat guru harus kreatif dalam merancang pembelajaran dan memilih model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan sebuah permasalahan matematika, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV pada Materi pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cikoko 03 dengan sampel siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal berbentuk uraian yang telah tervalidasi secara teoritis dan empiris. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kelas homogen. Selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 8,25 dan tabel sebesar 1,99 untuk taraf signifikan ???? = 0,05 dan dk = 62, sehingga thitung lebih besar dari pada tabel (8,25> 1,99), maka hipotesis nol hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
PGSD21/010 | PGSD 21/010 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain