Text
Strategi reading aloud dalam menumbuhkan minat membaca siswa di kelas IV SDN Pancoran 07 tahun ajaran 2020-2021
Penelitian ini membahas tentang strategi reading aloud dalam menumbuhkan minat membaca siswa di kelas IV SDN Pancoran 07 Pagi. Karena membaca merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa kelas IV di SDN Pancoran 07 pagi dan menjelaskan penerapan strategi reading aloud yang telah dilakukan guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas IV di SDN Pancoran 07. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mana peneliti memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan naratif dan sesuai dengan kondisi yang didapatkan selama penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi yang mana menunjukan bahwa terdapat adanya beberapa faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam membaca seperti: (1) faktor eksternal yang terdiri dari, peran orangtua, sarana prasarana, dan pengaruh guru. (2) faktor internal, terdiri dari diri sendiri. Dan strategi reading aloud yang dilakukan oleh guru kepada siswa kelas IV berjalan dengan efektif, siswa terlihat bersemangat pada saat diminta untuk membaca bahkan beberapa menjadi inisiatif untuk membaca
PGSD21/015 | PGSD 21/015 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain