Text
Pengembangan media pembelajaran video animasi materi tata surya pada muatan IPA di Kelas VI Sekolah Dasar Swasta Muhammadyah 06 Tebet
Media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam suatu pembelajaran untuk melalui pencapaian pembelajaran agar bermakna pada siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran yang optimal dalam proses belajar sehingga adanya dorongan siswa untuk belajar aktif, kreatif, dan afektif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran video animasi yang valid secara teoretik dan efektif mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg&Gall yang meliputi: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) perencanaan pengembangan produk, (4) pengujian internal desain, (5) revisi desain, (6) uji coba terbatas, dan (7) uji coba lapangan utama. Hasil penelitian menghasilkan bahwa media video animasi yang dikembangkan memiliki nilai yang sangat valid diperoleh persentase ketercapaian 100% dari validator ahli media, persentase ketercapaian 95% dari validator ahli materi dan sangat efektif dengan persentase ketercapaian 89% untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi Tata Surya di kelas VI SDS Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta.
PGSD21/018 | PGSD 21/018 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain