Text
Pengembangan media pembelajaran website pada mata pelajaran matematika kelas 5 SDN Cikoko 01 Pagi Jakarta Selatan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 SDN Cikoko 01 Pagi pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan website belajar bangun ruang matematika yang valid secara teoretis dan efektif dari segi pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Cikoko 01 Pagi. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Website belajar bangun ruang matematika memperoleh hasil persentase akhir dari ahli media sebesar 92,5%, dan ahli praktisi sebesar 96,36% dengan rata-rata sebesar 94% dan kategori sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Penilaian yang diberikan oleh siswa pada uji coba skala terbatas memperoleh persentase akhir sebesar 97,5% dan uji coba skala lapangan sebesar 89% dengan rata-rata sebesar 93,25% dan kategori sangat baik. Penggunaan website belajar bangun ruang matematika pada materi bangun ruang terbukti memenuhi aspek kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran, serta berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai siswa yang meningkat setelah uji coba skala lapangan. Hasil nilai siswa mengalami peningkatan sebanyak 17,8% dari rata-rata nilai pre-test (sebelum menggunakan media) sebesar 77,2% dengan jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 8 dari 24 siswa, menjadi 95% pada nilai post-test (setelah menggunakan media) dengan jumlah 24 dari 24 siswa lulus KKM.
PGSD21/017 | PGSD 21/017 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain