Text
Peningkatan hasil belajar matematika pada materi kecepatan dan debit melalui model pembelajaran numbered head together (NHT) di kelas VB SDN Kalimulya 5 Depok
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di Kelas VB SDN Kalimulya 5 Depok pada mata pelajaran matematika materi kecepatan dan debit. Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika pada materi kecepatan dan debit melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini berasal dari hasil belajar siswa, hasil wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi kecepatan dan debit mengalami peningkatan. Terbukti dari Pra siklus jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 8 siswa (33,3%), pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM mengalami peningkatan sebanyak 16 siswa (66,6%) tetapi belum mencapai kreteria yang telah ditentukan yaitu 85% siswa harus tuntas. Kemudian, pada siklus II sebanyak 21 siswa (87,5%) tuntas mencapai KKM. Pada siklus II kreteria yang telah di tentukan telah tercapai.
PGSD20/020 | PGSD 20/020 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain