Text
Analisis kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SDN Ujung Menteng 01 Jakarta Timur pada materi upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya pada era pandemi Covid 19
Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta Timur Pada Materi Upaya Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Lingkungannya pada Era Pandemi Covid-19, Isnaini Riska Amalia , NIM 17117028 Pandemi Covid-19 telah berdampak pada semua aspek kehidupan. Salah satu bidang yang terdampak secara langsung adalah bidang Pendidikan dimana penyelenggaraan Pendidikan berubah menjadi daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran daring muatan IPA pada Materi Upaya Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di Lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Ujung Menteng 01 PAgi Jakarta Timur tahun ajaran 2020/2021 termasuk kesulitan belajar siswa dan upaya guru dalam mengatasinya. Metode penelitian dilakukan dengan model deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan dokumentasi dengan tehnik Analisa data menggunakan teori Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sudah dilaksanakan secara maksimal, guru telah menyusun perangkat pembelajaran tetapi masih banyak kelemahan dan kekurangan di dalamnya. Siswa mengalami kesulitan disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berupa minat belajar, motivasi dan kepercayaan diri. Faktor eksternal terdfiri dari metode pengajaran, perangkat dan materi pembelajaran. Guru telah berupaya maksimal dengan melakukan identifikasi, mengembangkan bahan ajar dan memberikan tugas serta rangkuman kepada siswa melalui group whatsapp.
PGSD22/023 | PGSD 22/023 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain