Text
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelangan terhadap Daya Saing Pasar (Studi Kasus Pada PT.Humpus Transportasi Kimia)
Penelitan ini dilatar belakangi oleh perkembangan dunia bisnis saat ini telah banyak
kita temui suatu perusahaan yang telah memasuki dunia pasar jasa, termasuk
jasa sewa kapal angkutan laut yang persaingannnya mulai ketat. Hal itulah yang
membuat suatu perusahaan berlomba-lomba menawarkan kualitas layanan yang
beragam dan terbaik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh variabel kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dalam
mempengaruhi daya saing pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
pelanggan PT Humpuss Transportasi Kimia yang berjumlah sebanyak 33
Perusahaan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan
instrument penelitian menggunakan skala Likert. Metode dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas,
melalui metode analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini adalah
kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing pasar.
Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap daya
saing pasar.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan, Kepuasan Pelanggan, Daya Saing, Daya
Saing Pasar
SKR22/084 | SKR 22/084 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain